052050
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
167
309
1266
47678
4700
12893
52050
Your IP: 35.175.182.106
2018-12-13 10:02

Tanggung Jawab Sosial

DEFINISI

Secara teoretik, Corporate Social Responsibility (CSR) atau lebih lanjut disebut sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dapat didefinisikan sebagai tanggung jawab moral suatu perusahaan terhadap stakeholdernya, terutama komunitas atau masyarakat di sekitar wilayah kerja dan operasinya berdasarkan konsekuensi sosial dari lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang, yakni peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masalah etika.

Untuk mencapai sasaran perusahaan, terdapat beberapa cara atau alat yang dimiliki oleh PT Jalantol Lingkarluar Jakarta saat ini. Selain upaya-upaya pembentukkan opini perusahaan yang saat ini dinilai cukup efektif melalui beberapa tools, seperti media luar ruang, menggelar bakti sosial dan penyuluhan-penyuluhan, maka program Tanggung Jawab Sosial ternyata mempunyai peran yang cukup efektif dalam rangka membangun opini positif perusahaan yang berimbas pada terbentuknya sense of belonging pada diri komunitas masyarakat akan keberadaan perusahaan di wilayah dimaksud.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, dimana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden, melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dari lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang. Hal inilah yang membuat peran perusahaan di dalam masyarakat telah ditingkatkan, yakni dengan peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan masalah etika.

SASARAN SERTA PERTIMBANGAN COST & BENEFIT

PENENTUAN sasaran Tanggung Jawab Sosial dilakukan dengan cara menganalisa (metode: kordinasi dg unit terkait, survei lokasi, menggali informasi terkait kegiatan),  yakni:

Apakah aktifitas atau kegiatan yang dilakukan terkait langsung dengan aktifitas operasional perusahaan.

Wilayah komunitas sasaran, berdomisili atau terletak sampai dengan radius 500 meter disekitar gedung/bangunan kantor pusat/operasional atau sampai dengan 100 meter dari koridor ROW (Right Of Way) Jalan Tol.

RUJUKAN             

1. Berdasarkan UNDANG-UNDANG RI No. 40 Thn. 2007

                Tentang PERSEROAN TERBATAS

BAB V, Pasal 74 :

Ayat (1),

Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Ayat (2),

Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan kewajiban Perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

2. Berdasarkan Dokumen Aplikasi thn. 2014 PT JLJ

JLJ mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat dan manfaat bagi masyarakat sebagai bagian dari strategi dan operasi harian berdasarkan Pedoman Pemberian Dukungan Komunitas Kunci dengan mempertimbangkan terciptanya kelancaran, keamanan dan kenyamanan jalan tol dari gangguan kamtibmas di sekitar kantor pusat maupun kantor wilayah jalan tol serta kelestarian lingkungan di sepanjang koridor jalan tol dengan cara:

- Melaksanakan bantuan sosial dan keagamaan

  • - Mengadakan penghijauan di ruas jalan tol yang dioperasikan dengan melibatkan seluruh karyawan
  • - Menyediakan layanan Perpustakaan Keliling bagi Sekolah Dasar dalam rangka partisipasi pengembangan budaya membaca anak
  • - Memberikan kesempatan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar

3. Berdasarkan Keputusan Direksi PT JLJ

                No. 088/KPTS-JLJ/VII/2011

Tentang: Pedoman Pemberian Dukungan Komunitas Kunci

Bab Pendahuluan,

“Penerapan program tanggung jawab sosial dan lingkungan Perusahaan merupakan salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance)...”

SIAPA YG MENJADI SASARAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL?

csr

Pada tabel diatas, pada kolom sebelah kanan didapat suatu gambaran jelas tentang stakeholder penikmat langsung program Tanggung Jawab Sosial ini, yakni stakeholder eksternal yaitu masyarakat/komunitas di sepanjang koridor tol, sedang stakeholder lainnya juga merasakan benefit secara tidak langsung dari program dimaksud

PT JLJ sendiri telah melaksanakan kegiatan CSR/Tanggung Jawab Sosial Perusahaan sejak tahun 2002. Bentuk-bentuk kegiatan dari Tanggung Jawab Sosial berupa:

 

  1. Kegiatan pengobatan gratis
  2. Gelar pasar murah
  3. Kegiatan kebersihan lingkungan
  4. Bantuan perayaan hari besar keagamaan maupun hari besar nasional bersama komunitas
  5. Kegiatan penghijauan
  6. Perpustakaan keliling
  7. Sumbangan pembinaan lingkungan

Dll. 

Dokumentasi Kegiatan 

TanggungJawabPerusahaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Banner Footer